Update Info Seputar Sariwangi

  • Laporan / Berita update seputar Sariwangi.

Post khusus untuk memuat informasi ter-update yang sifatnya baik menyangkut laporan maupun berita ringan seputar wilayah Sariwangi.

 

Rabu, 20 November 2019

Allhamdulillah pelaksanaan dialog warga dan bazar PKK hari minggu kemarin sudah selesai dilaksanakan.

Kami selaku pengurus RT dan RW mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana yaitu pak alam, pak mega, pak berkat, pak vijay, pak hans dan ibu army yg telah meluangkan waktu, tenaga dan materi bagi terlaksananya kegiatan tersebut.

Adapun hasil atau simpulan dari kegiatan dialog antara perwakilan warga yg diwakili pak rahmat husnansyah, pak agus, pak berkat, pak adman, pak wicaksono, ibu betty dengan calon kades yg bersedia dialog dari 5 calon hanya 4 yg bersedia yaitu pak toto, pak iyep, pak ade bahrudin dan pak ade sukmana arifin. Sementara pak eden sampai pelaksanaan kegiatan tidak ada konfirmasi kesediaan.

Setelah dialog dilakukan dan pemaparan visi dan misi calon secara live maupun via video call, para calon memaparkan juga rencana kerja jika terpilih menjadi kades sariwangi. Adapun program kerja para calon sebagaimana terlampir.

Sesi akhir dari dialog adalah penandatanganan kontrak publik antara calon kades dengan saksi2 dari pengurus RT dan RW.

Kontrak publik adalah point-point aspirasi warga RW 16 yang disanggupi untuk dilaksanakan oleh calon kades, jika terpilih menjadi kades sariwangi.
Kontrak publik ini bersifat sukarela dan tidak ada paksaan, tetapi menjadi komitmen kades terpilih terhadap harapan dan keinginan warga RW 16.

Dari 4 calon kades yg ditawarkan untuk menandatangani kontrak publik hanya 3 yang bersedia yaitu Pak Toto, Pak Iyep dan Pak Ade Sukmana Arifin. Sementara Pak Ade Bahrudin sampai tadi malam belum bersedia menandatanganinya.

Adapun kontrak publik sebagaimana terlampir.

Bapak/ibu warga RW 16 yang  kami banggakan,  di era demokratisasi saat ini maka sudah selayaknya kita menjadi pemilih yang rasional tidak lagi menjadi pemilih emosional.

Aspirasi kita, mengenal kualitas calon serta adanya kontrak politik/ kontrak publik adalah ciri-ciri smart konstituen.

Tentunya, pilihan adalah hak politik bapak dan ibu secara LUBER dan JURDIL.

Demikian kami sampaikan semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kita untuk menentukan pilihan dalan Pilkades Sariwangi yang akan dilaksanakan hari minggu Tgl 24 November 2019 di TPS10, dengan lokasi di GOR BSW 1.

Selamat memilih dan sukses bagi kita semua.

Wassalam,
Pengurus RW 16.

 

 

RISALAH DIALOG KANDIDAT KEPALA DESA SARIWANGI

DENGAN PERWAKILAN WARGA RW 16 DESA SARIWANGI

 

I. Latar Belakang 

Adanya permintaan dari kandidat kepala desa sariwangi untuk silaturahim dengan warga RW 16 Desa Sariwangi

  • Aspirasi dari warga RW 16 yang berkeinginan mengenal lebih jauh profil calon Kades Sariwangi
  • Adanya surat dari Panitia Pilkades Sariwangi yang melarang dislenggarakannya dialog publik warga dengan calon kades karena dikhawatirkan akan terjadinya ekses negatif berupa bentrokan antar pendukung ataupun tim sukses, yaitu surat dengan nomor : 141/24/PAN.PILKADES/2019, tanggal 8 November 2019 dengan alasan menjada kondusifitas dan ketenteraman selama proses pelilihan Kepala Desa.

II. Tujuan

  1. Memberikan ruang silaturahim baik secara langsung maupun via video call berupa wawancara interaktif dari panelis yang merupakan perwakilan warga RW 16 dengan para calon kades.
  2. Memberikan pendidikan politik kepada warga Sariwangi dalam memilih dan menetukan pilhannya kepada para calon kepala desa yang ikut kompetisi pemilihan pilkades.

III. Dinamika Pelaksanaan dan Program Unggulan

  1. H. Toto

Berencana melaksanakan Musyawarah Perencanaan Anggaran Desa ditingkat dusun

Membangun kantor karang taruna dan peningkatan UKM serta peningkatan usahawan muda

2.  Ade Arifin

Pembangunan integrasi koneksi data yang dipusatkan pada 1 (satu) server

Melakukan transsfaransi pelaporan keuangan

 

3. Ade Bachrudin, S.Ag

Meneruskan program yang sudah terlaksana, dengan penajaman dan pemerataan pembenahan fasilitas umum sampai ke gang-gang di lingkugan desa Sariwangi

 

4. Asep Iyep Rawayan

Melakukan komunikasi yang partisipatif dengan warga dan terjun langsung ke lapangan, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Desa

 

IV. Kesimpulan : 

  1. Bahwa dengan pelaksanaan Dialog Warga dengan para kandidat Kepala Desa merupakan bentuk pendidikan politik yang baik terhadap warga, yang secara dewasa dan bijak mampu menilai dan menentukan pilihannya masing-masing
  2. Dalam Pelaksanaan,  pelaksanaan dialog tersebut dilakukan dalam rangka acara Bazar dan silaturahmi antara warga RW 16 dengan para kandidat, tidak ada maksud untuk melakukan kampanye terbuka maupun tertutup, karena didasari permintaan kandidat.

 

LAMPIRAN KONTRAK PUBLIK

LAMPIRAN KOORDINASI

 

 

 

 

 

Sabtu, 08 Juni 2019

PELAKSANAAN SHALAT IED 2019/1440H WARGA RW016

PERUMAHAN BUMISARIWANGI

Sariwangi – Idul Fitri dirayakan pada tanggal 1 Syawal 1440 Hijriyah bertepatan dengan tgl05 Juni 2019 menjadi momentum penting bagi warga RW016 untuk bersilaturahmi dengan warga lainnya. Sebagai rasa syukur umat muslim warga perumahan bumi sariwangi kepada Alloh SWT atas bulan yang penuh berkah serta perayaan yang penuh semangat keagamaan.

Berbagai Program dan kegiatan baik menjelang Ramadhan, selama Ramadhan telah dilaksanakan dan berjalan lancar, dimulai dengan kegiatan TARHIB Ramadhan DKM AL Aniah, Program Sariwangi Peduli (pembagian 461 bungkus paket sembako), SANLAT (Program belajar agama/Pesantren Kilat), qiyamul lail dan di akhiri dengan Penitipan/Penerimaan serta menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh kepada yang berhak menerimanya.

Semoga selepas Ramadhan tahun ini menjadi sumber Rahmat-Nya, menjadi suatu bentuk Riyadhoh berlatih diri dalam membiasakan melaksankan ibadah-ibadah mahdoh  (ritual) dan ghairu mahdhoh. Berbesar hati, momentum mengevaluasi dan menjadikan pribadi relegius dan meningkatnya jiwa sosial yang tinggi dalam realitas kehidupan.

Taqobalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim

Segenap Pengurus RW16 dan Keluarga Besar Perumahan Bumi Sariwangi Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H “Mohon Maaf lahir dan Bathin”.

#Admin.

 

 

Kamis, 06 Juni 2019

PROGRAM SARIWANGI PEDULI – BERBAGI UNTUK SESAMA
Ramadhan 1440 H

Alhamdulillah Program Sariwangi Peduli – Berbagi Untuk Sesama, terselenggara dengan baik. Program ini merupakan kerjasama DKM Al Aniah  dengan PKK RW 16 Sariwangi.

Alhamdulillah jumlah infak yg terkumpul setara dengan Paket Sembako sebanyak 461 paket .

Paket sembako alhamdulillah sudah di distribusikan ke berbagai tempat di sariwangi dan sekitarnya:

✅ RW 03 Sariwangi
✅ RW 05 Sariwangi
✅ RW 08 Sariwangi
✅ RW 09 Sariwangi
✅ RW 12 Sariwangi
✅ RW 15 Sariwangi
✅ Lembur Tengah
✅ Kampung Cibaligo
✅ Kampung Cisintok
✅ Kampung Katumiri
✅ Artabahana
✅ Ciwaruga
✅ Sarijadi
✅ Cililin-Pesantren Maroko
✅ Yayasan Al Kahfi
✅ Daerah bencana di Sukabumi – Laziz Wahdah
✅Satpam Bumisariwangi

Jazakumullah khoir kepada para donatur yang sudah berinfak. Barakallah fiekum.

Semoga bertambah barokah rizkinya,  dan mendapatkan pahala & ridho Allah ta’ala.  Aamiin aamiin yaa rabbal aalamiin.

 

 

 

Minggu, 28 April 2019

Kegiatan Street Bazaar TIM PKK RW16.

SARIWANGI –  Di penghujung april 2019 Ibu-ibu rumah tangga warga komplek Bumi Sariwangi menggelar bazaar, beberapa aneka jajanan, makanan, minuman , pakaian dan beberapa kerajinan digelar di event bazaar berderet di jalur utama (depan GOR BSW1).  Acara bazaar tersebut di adakan hari Minggu 28 April 2019

Bermacam-macam dan ragam masakan maupun jajanan ditawarkan Ibu-ibu PKK RW16 Sariwangi seperti aneka masakan sate, ikan goreng, bakso hingga beraneka ragam kue dan kerajinan tangan seperti tas yang terbuat dari kemasan kopi, tak hanya melihat-lihat pengunjung yang datang pun bisa bertanya langsung cara membuat kerajinan tersebut kepada para Ibu-ibu PKK. Sukses untuk Tim PKK RW16 semoga acara bazaar kedepannya bisa lebih menggali dan menampilkan kreasinya untuk menghasilkan produk UMKM.

 

Jum’at, 19 April 2019

Kegiatan Sariwangi Peduli-Bazaar 2019.

Kegiatan PKK RW16 Desa Sariwangi Peduli-Bazaar Barang Layak Pakai kembali di laksanakan, kegiatan diikuti oleh Ibu-ibu RT01 sampai dengan RT04. Kegiatan bazar ini untuk memfasilitasi keinginan warga khususnya Ibu-Ibu dari masing-masing RT yang ingin menjual berbagai merk pakaian yang layak pakai.

 

 

Kamis, 18 April 2019

Kunjungan SD ALAM Bandung  ke Bank Sampah RW16.

Kunjungan SD Sekolah Alam Bandung ke Bank Sampah RW16 Bumi Sariwangi para siswa-siswi SD Sekolah Alam, perlunya pendidikan peduli akan lingkungan, memilah dan memilih  sampah.

Pembinaan Pemulung Mitra Kebersihan Bumisariwangi RW16

 

Jum’at, Maret 2019

Mitigasi Kebencanaan Patahan Lembang.

 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengintensifkan sosialisasi dan edukasi tentang kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi kepada masyarakat di sekitar kawasan Sesar Lembang.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jabar, Supriyatno, mengatakan penggencaran edukasi ini menyusul informasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang mengumumkan sesar di utara Bandung sepanjang 29 kilometer tersebut mengalami fase pelepasan energi atau biasa disebut dengan ulang tahun gempa.

“Alam ini tidak bisa kita cegah kemauannya. Yang bisa kita lakukan adalah mensosialisasikan, mengedukasi, dan melakukan simulasi kepada masyarakat supaya sadar, berpengetahuan, dan terampil, saat bencana terjadi untuk menyelamatkan diri,” kata Supriyatno saat dihubungi, Rabu (20/3/2019).

Dari data yang diterimanya dari LIPI, katanya, dalam waktu dekat Sesar Lembang akan melepaskan energi yang menimbulkan gempa sampai 7 Skala Richter. Selama ini pun diketahui bahwa Sesar Lembang selalu menjadi salah satu isu utama terkait bencana di Cekungan Bandung.

“Kami terus ikuti perkembangan terhadap situasi kondisi Sesar Lembang ini. Memang sejak dulu, tapi kita secara intensif kini melakukan sosialisasi, edukasi, dan simulasi, terutama kepada sekolah yang ada di koridor Sesar Lembang,” katanya.

Supriyatno mengatakan edukasi kebencanaan begitu penting dalam penanggulangan bencana karena secara ilmiah, 90 persen masyarakat bisa selamat manakala miliki kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan bencana.

 “Berdasarkan penelitian ahli, di Jepang saat gempa di Kobe terjadi sampai 6,9 Skala Richter, hanya 200 orang jadi korban. Tapi di tempat lain, seperti di Chili, dengan skala yang sama korban gempa bisa mencapai 3.000 orang. Ini yang membedakan pengetahuan warga tentang bencana,” katanya.

Sesuai arahan Gubernur Jabar Pak Ridwan Kamil, katanya, pihaknya masih merancang blue print atau cetak biru West Java Resillience Culture Blue Print. Cetak biru ini mengatur semua hal yang berkaitan dengan bencana di Jawa Barat untuk diterapkan di masyarakat.

“Penanganan bencana itu sekarang sudah bergeser, yang tadinya responsif jadi pencegahan. Jadi kita tanggap darurat dan tanggap bencana. Kita juga bergerak ke pencegahan dan kesiagaan, gimana supaya tidak terjadi bencana. Dan saat bencana tidak bisa ditolak, kita siapkan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan adanya fase pelepasan energi atau biasa disebut dengan ulang tahun gempa. Hal itu disampaikan langsung oleh Peneliti LIPI, Mudrik R Daryono setelah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat di Kantor Pemda, Kamis (14/3).

Mudrik menyampaikan LIPI melakukan penelitian terkait gempa Sesar Lembang yang membentang sepanjang 29 kilometer melewati lima kecamatan, mulai dari Kecamatan Padalarang, Ngamprah, Cisarua, Parongpong, sampai Lembang.

Mudrik juga mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk waspada terhadap sumber bencana tersebut. Mudrik juga mengakui bahwa pemda telah melakukan prosedur pencegahan yang dipimpin langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dari penelitian LIPI ini juga, Mudrik menyebut Sesar Lembang dapat menghasilkan potensi guncangan dari 6,5 SR hingga 7 SR. Namun, dia percaya kepada BPBD KBB dapat menanggulangi atau meminimalisasi dampak karena Pemda KBB sangat antusias dan memperhatikan hasil temuan riset yang dilakukan LIPI.

Secara hitung-hitungan, Mudrik menyebut saat ini telah memasuki fase siklus pelepasan energi. Siklus ini, lanjut dia, sudah selama 560 tahun belum terjadi gempa kembali.

“Kalau kami hitung siklus gempa bumi antara 170 tahun sampai 670 tahun. Dan kita saat ini sudah ada di fase-fase itu. Intinya, pemda dan warga masyarakat KBB harus paham mengenai ini,” ucapnya.

Ketika disinggung terkait adanya prediksi gempa pada Sesar Lembang, Mudrik dengan tegas menyebut tak mengetahuinya. Sebab, kata Mudrik gempa bisa terjadi kapan pun dan di mana pun.

 “Saya gak tau kapan gempa itu terjadi. Ya bisa saja 100 tahun akan datang, juga bisa terjadi besok. Tapi, yang jelas saat ini sudah masuk fase itu. Saya yakin pemda lebih paham terhadap masyarakatnya sendiri dan apa-apa saja yang harus dilakukan,” katanya. (Sam)

 

Sumber http://jabar.tribunnews.com/amp/2019/03/20/gempa-sesar-lembang-bisa-berkekuatan-7-sr-bpbd-jabar-gencarkan-sosialisasi-kesiapsiagaan?page=2

 

 

Rabu, 16 Januari 2019

Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi (PE) Bersama dinas kesehatan KBB.

 

Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit menular yang sering menimbulkan kejadian luar biasa ( KLB ), nyamuk penularnya Aedes Aegepty dan Virus Dengue tersebar luas, sehingga penularan DBD dapat terjadi di semua tempat dan wilayah yang terdapat nyamuk penular penyakit tersebut. Dengan adanya info penderita DBD maka kami pengurus RW016 menindaklanjuti dengan kegiatan penyelidikan kasus DBD (PE = Penyelidikan Epidemiologi) bersama dengan dinas kesehatan KBB Ibu Cicih dari puskesmas ciwaruga.

Berikut terdapat 4 kasus terkait penyakit DBD di RW016 :

  1. Kirana Putri (Pak Wawan RT02)
  2. Putri Ibu Ucu (RT03)
  3. Pak Alamsyah (RT01)
  4. Pak Ismed (RT02)

Bapak / Ibu Warga BSW-1 Mari kita lakukan 3M

  • Menguras bak mandi, toren,  wadah penampungan air,  wadah penampung air di dispenser dll
  • Menutup : tempat minum burung/ hewan peliharaan, bak air, dll
  • Membuang/daur ulang barang barang bekas seperti kaleng, botol-botol, wadah plastik dll

Upaya yg sedang dilakukan:

  • Fogging, utk membasmi nyamuk dewasa,  sudah masuk pengajuan ke dinas kesehatan
  • 3 M plus, utk memberantas jentik-jentik nyamuk.

-Admin rw016-

 

 

Jum’at, 11 Januari 2019

Bank Sampah Warga Perumahan Bumi Sariwangi – 1

Ayo pilah Sampah…. yang organik masuk biopori yang anorganik setor ke Bank Sampah, sampah harus di olah agar tak jadi masalah sampah jadi berkah Lingkungan bersih,Indah, Sehat & Hijau Lestari ASRI.

Dpn GOR BSW

⏰  07.00  –  08.00

Sampah Anorganik yang bisa di setor kan ;

️Koran, Dupleks, CD, Kardus, Buku Tulis, ⛓️ Besi, Botol Kaca, Gelas/Botol Plastik Dll..

Setorkan Sampah Anorganik di Bank Sampah

NB:

1. Di Beri Nama, Blok Nomor Rumah
2. Jenis sampah yang berbeda usahakan di pisahkan.

-Admin rw016-

 

 

Jum’at, 17 Agustus 2018

Peringatan Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia Suasana kemeriahan warga Perumahan Bumi Sariwangi-1 RW016 . Berbagai kegiatan diadakan seperti Perlombaan, Bazaar, Jalan santai dan Rembug Warga. Salam Sabilulungan Warga RW016.

-Admin rw016-

 

Minggu, 12 Agustus 2018

Acara Rutin Olah Raga Warga RW016 Sariwangi

Bapak/ Ibu warga BSW,

Jangan lupa sehat yaaa..
Mari BER- Olah Raga di GOR BSW.  Khusus Warga BSW Free menggunakan fasilitas GOR dari jam 8.00 sd 14.00. Fasilitas yang ada:
1. Badminton
2. Pingpong
3. Futsal
4. Senam Jantung Sehat

-Admin rw016-

Selasa, 01 Mei 2018

Acara street bazar PKK RW016 dan pembagian sembako untuk 75 warga sekitar kemudian di lanjutkan dengan pembinaan keluarga sakinah oleh tim PKK RW016 Sariwangi.

 

Jum’at, 20 April 2018

Alhamdulillah..
Kegiatan *Bazaar BLP & Penyuluhan KDRT thd Anak* , terlaksana dengan lancar & baik.

Teruntuk…

Warga RW 16 BSW
Warga RW 08, 09, & 10 Sariwangi
Ketua PKK Desa Sariwangi
Koordinator PKP Kec. Parongpong
Para donatur..yg sdh memberikan sodaqoh baksos
Para donatur yg mengirim makanan utk kader yg sedang bertugas jaga blp..luar biasaa…nikmat maknyuss..
Pak Satpam yg sdh bertugas dgn baik
Dan semua pihak yg tidak bisa disebutkan satu persatu, atas semua bantuan moril maupun materiil, jg semua bantuan pinjaman perlengkapannya.

Apresiasi yg sebesar-besarnya untuk Ibu-ibu Kader/Pengurus PKK, atas semua kerja kerasnya, kerja cerdas nya & kerjasama nya. Khususon Umi Titin sbg Ketua Bazaar BLP/Baksos.

Hatur nuhun..
_Jazakumullah khairan katsiran_
Wassalam
_Jum’at, 20 April 2018_

-Admin rw016-

 

 

Ahad, 01 April 2018

Kegiatan Pelatihan Materi K3/p3k – Botram Warga RW016 BSW1 Sariwangi.

Bismilĺah..

Kejadian kecelakaan sangat mungkin terjadi di sekitar kita..di keseharian kita..

Apa yg hrs kita lakukan pada keadaan darurat?

Bagaimana pertolongan pertama yg hrs diberikan pada korban kecelakaan atau kondisi penyakit mendadak dgn cepat & tepat, sebelum korban dibawa ke tempat rujukan.

Misal: ada yg pingsan, keseleo, patah tulang, digigit serangga, keracunan makanan, luka bakar, dan kejadian keseharian lainnya yg mungkin terjadi pada keluarga atau org-org yg kita sayangi.

Jgn panik… tambah ilmu kita ttg P3K..supaya tindakan cepat & tepat bisa kita lakukan.

Ibu ibu, juga anak2,  remaja/pemuda..hayu kita belajar bersama..

Diantos…
Ahad, 1 April 2018
Pkl 08.00 – selesai
Tenpat : halaman Masjid Al Aniah Bumisariwangi 1
Agenda:  belajar First Aid atau K3/P3K

Pemateri : dr. Eko Fuji Ariyanto, M.Kes, Phd

Insya Allah bermanfaat
Wassalam

-Admin rw016-

 

Rabu, 28 Maret 2018

Kegiatan : Bank Sampah plus pelatihan gratis hidroponik sederhana

Hari/tgl : Setiap Rabu

Tempat : Depan GOR BSW 1

Tujuan : Mengelola sampah anorganik (sampah plastik, kertas, kardus, koran, besi, panci bekas, botol kaca/beling, kemasan bekas, dll)

-Admin rw016-

 

Sabtu, 24 Februari 2018

Ucapan Terimakasih atas terlaksanaya kegiatan Imunisasi ORI Difteri di POSYANDU CEMPAKA XVI – RW 16 Sariwangi

Bismillah..

Alhamdulillah kegiatan POSYANDU terlaksana dengan baik, dgn agenda :

✅ penimbangan balita
✅ pemberian vit A utk balita
✅ pemberian makanan sehat tambahan balita (PMT)
✅ imunisasi ORI Difteri
(Peserta ORI Difteri berjumlah 79 org)

*_Jazakumullah khairan katsiran_* untuk :

Ayah-bunda & ananda yg sdh hadir utk mendapatkan pelayanan di Posyandu Cempaka XVI. Mohon maaf jika ada kekurangan.

Para dokter yg sdh mendampingi pelaksanaan ORI Difteri, yg sdh menyediakan waktunya utk konsultasi dan memeriksa/ memastikan kondisi kesehatan ananda sebelum di imunisasi. Hatur nuhun pisan dr wulan dan dr zul .

Para petugas kesehatan dari puskesmas desa, bu bidan dan rekan-rekan, yang sudah melaksanakan tugas imunisasi ORI Difteri dgn baik.

Petugas security (bpk  satpam bsw), yg dengan sigap membantu selama persiapan dan selama berjalan nya kegiatan, sampai selesai kegiatan posyandu

Ibu-ibu kader posyandu/kader pkk RW 16, ibu-ibu bsw, yg luarrrrr biasa solid , hatur nuhun pisaaan..utk kerjasama nya, utk waktunya, dan semua bantuan nya..liwetnya..jengkol nya.. rujaknya..mantaffff

Semua pihak yg sdh berkontribusi, yg tidak bisa disebutkan satu persatu..hatur nuhuuun pisaaan

Kerja ikhlas yg dilakukan, lelah yg dirasakan, semoga bernilai ibadah dan mendapat balasan kebaikan dari Allah ta’ala. Aamiin..aamiin..yaa rabbal alamiin..

Wassalam


-Admin rw016-

 

Selasa, 02 Januari 2018

1 Kilogram Harganya Bisa Rp 7,5 Juta, Aher Ingin Tingkatkan Budidaya Ikan Sidat

Sumber Foto : Rizky Perdana – PRFM


BANDUNG, (PRFM) – Ikan Sidat (Anguilliformes) adalah ikan yang secara fisik seperti belut namun memiliki sirip menyerupai telinga pada kepala bawahnya. Ikan jenis ini menjadi makanan mahal bagi masyarakat Jepang, tetapi sayangnya di Indonesia belum banyak orang membudidayakan ikan tersebut, padahal Indonesia salah satu penghasil bibit Sidat terbesar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun berupaya untuk menggalakan budidaya Ikan Sidat, khususnya bagi masyarakat daerah pantai selatan yang sangat berpotensi. Pasalnya, ikan ini bernilai ekonomis tinggi, di Jepang harga bibit Sidat mencapai Rp 7,5 juta per kilogram.

Langkah ini tercipta usai pertemuan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) dengan Profesor Ahli Sidat dari Jepang, Naohiko Hori di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (10/12/2017) malam.

“Bibitnya Rp 7,5 juta per kilogram, ketika sudah jadi siap makan, di Jepang Rp 1 juta per kilogram. Di kita grosirnya Rp 300-400 ribu per kilogram, sangat tinggi dibandingkan ikan-ikan lainnya. Ayam saja Rp 30 ribu per kilogram,” ujar Aher saat on air di PRFM.

Namun di Jawa Barat selama ini pengembangan Ikan Sidat belum berhasil secara baik, sehingga banyak pembudidaya Sidat yang menjual bibitnya ke daerah lain seperti Banyuwangi. Tapi hal ini berisiko tinggi terhadap kematian Ikan Sidat karena jarak distribusi yang cukup jauh, tentunya akan mengurangi nilai ekonomisnya.

“Kita ingin kembangkan budidaya Ikan Sidat, selain bernilai ekonomis tinggi, nilai kesehatannya juga tinggi, makanya dicari banyak pihak, dampaknya tentunya harga jadi cukup tinggi,” katanya.

Aher juga menyayangkan banyak orang hanya memanfaatkan Ikan Sidat sebagai rempeyek karena ketidaktahuannya kalau ikan ini sangat berharga. “Orang tidak tahu ini ada ikan mahal, ditemukan di Sulawesi dan Jabar Selatan, Ikan Sidat ini dijadikan rempeyek atau gorengan, orang Jepang heran, padahal ini ikan mahal,” ungkapnya.

Maka dari itu, dituturkan Aher, pihaknya segera bekerjasama dengan pihak lainnya termasuk Jepang dalam hal budidaya Ikan Sidat. Kedepannya, program ini akan dikelola lebih masif lagi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Di sana (Jepang) harganya mahal dan kita bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya pembudidaya Ikan Sidat. Akan kita manfaatkan bibitnya di daerah selatan Jawa Barat untuk budidaya yang cukup besar kemudian percontohannya akan dikelola Dinas Kelautan dan Perikanan sehingga masyarakat luas bisa terlibat,” paparnya.

Sumber : prfmnews

-Humas rw016- Admin

 

Jum’at, 24 Nopember 2017

✅ Begini Cara Cek Nomor ‘Gelap’ pada Registrasi Prabayar

VIVA – Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan para operator telekomunikasi akhirnya menyediakan layanan fitur Cek Nomor dalam sistem registrasi kartu prabayar.
Fitur Cek Nomor ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang digunakannya terdaftar pada berapa nomor.
“Melalui Fitur Cek Nomor ini masyarakat bisa mengetahui NIK-nya digunakan untuk berapa nomor. Dengan adanya layanan ini, jika saat pengecekan ditemukan nomor yang tidak dikenal terdaftar dengan data NIK dan KK miliknya, masyarakat dapat langsung datang ke gerai untuk melakukan UNREG,” jelas Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli dalam keterangannya, Rabu 22 November 2017.
♻️ Berikut ini tautan website, USSD dan SMS untuk Fitur Cek Nomor yang disediakan oleh masing-masing operator :
1️⃣ .Telkomsel
Via website: https://telkomsel.com/cek-prepaid
2️⃣. Indosat
Via SMS dengan format: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444
3️⃣. Xl Axiata
Via USSD dengan format: *123*4444#
4️⃣. Hutchison atau Tri
Via website: https://registrasi.tri.co.id
5️⃣. Smartfren
Via website: https://my.smartfren.com/check_nik.php
6️⃣. STI
Via website: https://my.net1.co.id
Fitur Cek Nomor ini harus sudah digunakan oleh semua operator dan dapat diakses pelanggannya masing-masing paling lambat 27 November 2017. Sedangkan untuk Fitur Cek Nomor bagi non pelanggan akan dilaksanakan paling lambat 31 Desember 2017. (ase)

 

 

 

Kamis, 16 Nopember 2017

  • PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MASJID.

Workshop penguatan Manajemen Masjid Menuju Masjid Makmur, Mandiri dan Melayani.

-Admin rw016-

 

Senin, 13 Nopember 2017

[TrashTalk Indonesia]
Fully Funded Event

Pendaftaran TrashTalk Indonesia di Jepara, 1-4 Desember 2017 telah dibuka!

Merasa peduli dengan masalah sampah yang ada di laut dan di darat? Ingin jadi bagian dari solusi masalah tersebut dan bertemu dengan pemuda pemudi yang juga turut bergerak dalam masalah yang sama?

Jadilah delegasi terbaik dari masing masing kota/kabupaten mu dari provinsi Jawa Tengah!

TrashTalk Indonesia adalah serangkaian kegiatan workshop interaktif, site visit, dan coastal clean up di pulau Panjang, serta action plan 3 bulan kedepan yang akan menjadi solusi nyata dalam menyelesaikan masalah sampah khususnya di provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari , bertempat di kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Semua biaya gratis!
Kecuali biaya dari daerah asal peserta ke meeting point di Semarang.

Jika kamu:
1. Pemuda/pemudi yang memiliki ketertarikan di bidang lingkungan khususnya waste management,
2. Merasa memiliki jiwa pemimpin yang kuat di dalam diri
3. Bersedia untuk mengikuti kegiatan selama 4 hari di Jepara
4. Dan memiliki komitmen tinggi sejak pra-acara, saat acara berlangsung, dan pasca acara,

Maka kamu adalah kandidat yang kami cari!

Fasilitas yang akan didapatkan:
• Hotel
• Konsumsi
• Site Visit
•merchandise
•dan segala fasilitas selama workshop akan dibiayai penuh oleh penyelenggara.

Tunggu apalagi?
Segera daftarkan diri kalian sebelum 14 november 2017!

https://gg.gg/trashtalkindonesia

Ikuti lini masa kami
Ig : @trashtalkindonesia
Twitter : @TrashTalk_Indo
Fb : https://www.facebook.com/yasealinTrashTalks/

 

 

Rabu, 08 Nopember 2017

PROGRAM REKRUTMEN PT.TELKOM

TelkomGroup mengajak talenta-talenta terbaik bangsa untuk bergabung melalui berbagai program rekrutmen dengan menggunakan metoda yang mampu memastikan kesesuaian minat, keahlian dan kompetensi dengan kebutuhan memenuhi tuntutan global. Peluang bergabung terbuka lebar tidak hanya bagi talenta kreatif yang bersemangat menimba pengalaman namun juga bagi kaum profesional yang siap memperkuat supertim kami.

 

 

 

Senin, 06 Nobember 2017

Kesempatan, PSP3 IPB Akan Latih Pemuda Desa Benahi Pertanian

Dr. Sofyan Sjaf, Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, Institut Pertanian Bogor

 

Mediatani.co – Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) Institut Pertanian Bogor (IPB) Akan menggelar pelatihan bagi sarjana dan pemuda desa. Pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari program kerja Unit Kewirausahaan Sosial di PSP3-IPB.

“pembentukan Unit Kewirausahaan Sosial untuk mengembalikan kesadaran kaum muda untuk bertani dan kesungguhan dalam memajukan kesejahteraan petani, pemuda dan masyarakat desa.” Tutur Sofyan Sjaf, Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB, Sabtu 4 November 2017.

Sofyan Sjaf menjelaskan bahwa pelatihan tersebut diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin turut serta membangun pertanian dan pedesaan. Tak tanggung-tanggung, pelatihan ini dapat diikuti oleh pemuda desa yang berminat dari seluruh daerah di Indonesia.

“keluaran pelatihan kewirausahaan sosial yang bergerak dan bekerja bersama petani dan pemuda desa dalam mewujudkan Indonesia berdaulat, adil dan makmur” ungkap Sofyan Sjaf.

Sofyan Sjaf menambahkan Kader Kewirausahaan Sosial akan dibekali dengan serangkaian pelatihan sehingga memiliki kemampuan khusus dalam pengembangan inovasi pertanian terutama dalam hal produksi pupuk, pakan dan pangan. Seluruh rangkaian pelatihan tidak dipungut biaya.

“Bekerja bersama petani dan pemuda desa adalah keniscayaan yang harus segera kita wujudkan” Tegas Sofyan Sjaf.

Sementara itu, Ihsan Arham, salah seorang panitia pelaksana kegiatan pelatihan menjelaskan bahwa pelatihan ini akan diselenggarakan di penghujung bulan November 2017 di Kota Bogor, Jawa Barat.

“Peserta yang terpilih akan diundang dan didatangkan ke Bogor, lalu diberikan pelatihan selama dua minggu. Semua kebutuhan akomodasi peserta akan kami siapkan” Papar Ihsan Arham.

Ihsan menjelaskan pendaftaran calon peserta sangat mudah. Cukup melakukan registrasi secara online melalui link berikut https://goo.gl/XX2k5P.

“Proses registrasi akan ditutup pada tanggal 10 November 2017, pukul 23:59” tutup ihsan.

Sumber : mediatani.co/kesempatan-psp3-ipb-akan-latih-pemuda-desa-benahi-pertanian/

 

Selasa, 31 Oktober 2017

Agenda Pelatihan RUMAH KREATIF BUMN BANDUNG Free terbuka untuk umum

Pendaftaran Peserta Silahkan Kontak:
Supriatna
WA : 0857 2246 5817

Dina Oktriani
WA : 088 9101 8866

 

 

 

Jum’at, 27 Oktober 2017

Sabtu, 14 Oktober 2017

Selamat Pagi Ayah Bunda..
Simak Sedikit Tentang Measles (Campak) & Rubella (Campak Jerman)

  1. Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.
  2. Seseorang yg belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubella, atau yg belum pernah mengalami penyakit ini akan berisiko tinggi tertular
  3. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk dan kematian
  4. Rubella dapat menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan yang menyebabkan keguguran/kecacatan pada bayi yg dilahirkan
  5. Gejala campak: demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai batuk, pilek dan mata merah
  6. Gejala rubella : tidak spesifik, bahkan bisa tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri persendian
  7. Imunisasi dengan vaksin MR yaitu kombinasi vaksin Campak/Measles(M) dan Rubella(R) adalah cara agar terlindung dari Campak & Rubella
  8. Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella yang telah digunakan lebih dari 141 negara di dunia
  9. Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun

 

Masih belum kebagian vaksin MR ??? Yuks Ayah Bunda segera daftarkan minggu ini terakhir untuk Kampanye MR..
Jangan Ragu lagi Untuk MR..

^Biaya Vaksin Gratis**

^Silahkan Daftar : Nama/Usia/Tgk. Dtg/JenisVaksin

Segera daftarkan di Rumah Vaksinasi Sariwangi

WA/SMS/TELP : 0811-223-1263

 

Penutupan Jalur POLBAN

Penutupan jalan sementara, wilayah Kampus POLBAN pada hari sabtu tgl 7 dan 14 Oktober 2017.
Bagi warga sariwangi yg sehari-hari melewati daerah kampus Polban pada tgl tsb harap melewati rute lain. Terimakasih.

 

  • Surat Edaran untuk Sensus RW 16, OKTOBER – NOVEMBER 2017

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*